Thursday, September 3, 2015

Aksi penjambretan

Kemarin  hari Rabu (2/9) sekitar jam 14:00 saya sedang berhenti di traffic light persimpangan dekat Pusat Grosir Surabaya menuju Jl Raya Dupak - Jl Demak. Lokasi tepatnya ada di sini. Kalau sedang berhenti, selain ngupil, saya suka toleh kanan-kiri, cek belakang melalui spion luar-dalam. Observasi sekitar lah.

Kebetulan (melihat spion tengah) di belakang saya ada Suzuki Carry 1.0 merah ikut antri traffic light. Di sebelah kiri mobil itu ada pengendara sepeda motor Honda Tiger(?) berboncengan. Tiba-tiba tangan pembonceng masuk ke dalam mobil melalui jendela yang terbuka, memaksa mengambil tas penumpang mobil itu. Sempat terjadi tarik-menarik antara korban & pelaku. Sayangnya, dalam waktu tidak sampai 20 detik, tas itu bisa diambil pelaku dan langsung lari menuju Jl Semarang (Stasiun Pasar Turi). Jarak mobil belakang dengan saya cukup longgar, akhirnya dia langsung belok kiri mencoba mengejar pelaku tersebut. Semoga bisa tertangkap.

Lebih waspada dalam berkendara. Lebih rajin melakukan observasi sekitar kita, apalagi jika sering melewati daerah yang dianggap rawan kejahatan.

Yang biasa taruh barang di atas jok, mungkin sekarang bisa ditaruh di lantai. Yang biasa taruh barang di lantai, mungkin sekarang bisa ditaruh di bagasi. Biasakan kunci pintu setelah masuk kendaraan. Kalau perlu, penggunaan kaca film security bisa melambat kinerja pelaku kejahatan yang berusaha memecah kaca.

Selamat beraktifitas!

No comments:

Post a Comment