Thursday, January 16, 2014

Kebun Binatang Surabaya Kini


Selasa 14 Januari 2014, saya menyempatkan diri main ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Tidak ada perubahan signifikan, sama seperti ketika saya ke KBS waktu masih kecil di awal tahun 1990-an. Justru banyak kandang koleksi yang cenderung kosong tidak.

Belakangan hari ini KBS sedang disorot oleh media di seluruh dunia karena kasus kematian satwa koleksi kebun binatang. Masih fresh di dalam ingatan kita, kasus kematian Michael - seekor singa (Phantera leo) yang mati karena lehernya terjerat kawat besi di dalam kandangnya. Sempat menjadi kontroversi karena ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa kematian Michael ini disengaja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Namun, sampai saat ini, pihak kepolisian masih melakukan investigasi.

Kematian salah satu satwa koleksi kebun binatang terjadi lagi pada hari Selasa sore, yaitu kambing gunung (Oreamnos americanus). Setelah melakukan investigasi/otopsi, tidak menemukan adanya gangguan atau kelainan pada organ bagian dalam Kambing Gunung yang mati.

Kondisi KBS saat ini memang sedang rapuh-rapuhnya, baik dari sisi bangunan & fasilitas begitu juga di jajaran internal KBS. Namun bagaimana pun juga, KBS tetap menjadi salah satu tujuan rekreasi favorite masyarakat baik dari dalam maupun luar kota Surabaya. Bisa dilihat jika sedang hari libur, KBS dipadati banyak pengunjung, bahkan kendaraan pun harus parkir di pinggir Jl Diponegoro karena tempat parkir KBS tidak sanggup menampungnya.

Saya berharap KBS bisa kembali berjaya seperti dahulu kala, karena menurut saya, KBS ini merupakan salah satu ikon kebanggaan kota Surabaya, apalagi di depan KBS terdapat patung Suro & Boyo.

No comments:

Post a Comment