Tuesday, February 23, 2016

Terakhir makan Rangin kapan?


Kemarin malam (22/2) saya beserta Gasha dan ibu mampir beli martabak terang bulan di Jl Mayjend Sungkono Surabaya. Di depan toko martabak terang bulan ada penjual rangin. Rangin adalah jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan olahan kelapa muda parut dan tepung beras. Rasanya gurih, kadang ditaburi gula pasir di atasnya jika ingin ada manis-manisnya gitu. Saya kurang tahu persis, rangin ini jajanan tradisional asli daerah mana, mungkin kamu tahu?

Rangin merupakan salah satu jajanan favorit saya waktu masih TK. Dulu, waktu di rumah bude di Jl Cipunegara Surabaya, setiap siang atau sore, selalu beli rangin. Eh, tidak setiap hari juga sih jajannya, hehe. Di tahun 2016, di mana banyak sekali jajanan modern bertebaran ternyata masih ada yang menjual jajanan tradisional khususnya rangin meski populasinya tidak sebanyak di tahun 1990-an. Makan rangin sembari menunggu martabak terang bulan, sukses mengobati rasa rindu akan jajanan masa kecil saya dan masa muda ibu saya - tidak tahu kalau Gasha, karena dia masih kecil banget waktu itu, hehe.

Semoga senantiasa lancar dan terbuka lebar pintu rejekinya, pak penjual rangin!

No comments:

Post a Comment